Poligami Menurut Islam Ternyata Begitu Indah dan Banyak Hikmah

Poligami Menurut Islam Ternyata Begitu Indah dan Banyak Hikmah – Poligami menurut Islam sesungguhnya merupakan ketentuan hukum Allah yang diperbolehkan. Justru jika manusia menentang adanya poligami, adalah sebuah dosa. Haram hukumnya jika kita sebagai manusia biasa menentang adanya hukum Allah. Semua hal yang dibuat dalam aturan Al Qur’an memiliki hikmah, ada sebab akibat tersendiri yang mana manusia tidak berhak untuk menentangnya. Boleh jadi manusia tidak menyukai suatu hal (poligami misalnya yang sangat dibenci kebanyakan wanita) justru adalah hal terbaik bagi dirinya dan orang disekitarnya. Sebaliknya, boleh jadi manusia sangat menyukai suatu hal namun hal itu begitu buruk bagi dirinya dan orang di sekitarnya.

Semua ketentuan ALLAH adalah yang terbaik, di luar jangkauan manusia yang sudah pasti membawa dampak positif jika diikuti dan diimani dengan benar. Adapun poligami menurut Islam adalah sebuah ladang pahala yang membawa banyak kebaikan bagi yang menjalaninya. Poligami menurut Islam memiliki manfaat yang begitu besar, walaupun ada beberapa mudharat yang ditimbulkan. Adanya mudharat yang ada adalah sebagai akibat dari ketidak patuhan manusia itu sendiri.

 

Sebagai contoh misalnya, terkadang terjadi kasus saling cemburu di antara para istri akibat adanya beberapa masalah. Hal ini termasuk mudarat yang ditimbulkan dari praktek poligami menurut Islam, namun tidak terlalu riskan karena cemburu adalah sebuah kewajaran. Namun, manfaat yang didapatkan dengan berpoligami untuk kaum muslimin berupa bertambahnya banyaknya jumlah kaum muslimin dan terjaganya kehormatan wanita-wanita muslimah baik yang belum menikah maupun para janda merupakan kebaikan dan maslahat yang sangat besar bagi kaum muslimin.

 

Sebab itulah, jika kita melihat kebanyakan orang-orang yang menentang syariat poligami menurut Islam adalah orang-orang yang lemah pengetahuannya terhadap syariat Islam bahkan terkadang melecehkan syariat Islam. Pemikiran mereka terpengaruh dengan pemikiran orang-orang kafir yang jelas-jelas tidak menghendaki kebaikan bagi kaum muslimin. Maka dari itu tidak boleh hukumnya menentang poligami.

 

Poligami menurut Islam harus mengusung keadilan, dimana suami harus bisa bertindak adil secara lahir maupun batin pada semua istri. Meskipun sebagai manusia yang namanya adil itu tidak bisa diwujudkan, akan tetapi secara lahir harus atau WAJIB adil. Tidak adil yang diperbolehkan dalam poligami menurut Islam adalah dalam hal perasaan. Dimana manusia tidak bisa mengendalikan perasaannya, manusia tidak bisa membagi perasaannya dengan benar-benar adil.

 

12 Manfaat Poligami Menurut Islam

Banyak hikmah dibalik poligami diantaranya :

  1. Poligami merupakan syari’at yang dipilih ALLAH Azza Wa Jalla untuk kemaslahatan umat-NYA.
  2. Allah menjadikan jumlah lelaki lebih sedikit dari wanita, dan kaum lelaki juga menghadapi banyak sebab kematian daripada wanita sehingga akan banyak wanita yang tidak mendapatkan suami jika tak ada paham poligami.
  3. Banyak wanita yang siap menikah, namun tak banyak pria yang memiliki kemampuan untuk menikah apalagi memiliki lebih dari satu istri. Sehingga pria boleh menikah lebih dari sekali apabila memang siap secara lahir dan batin.
  4. Poligami dapat mengangkat harkat dan martabat wanita juga menjunjung kemuliaan bagi wanita yang telah ditinggal suaminya, atau wanita yang lama tidak segera dinikahi.
  5. Poligami adalah salah satu cara menundukkan pandangan dari kemaksiatan dan berzina dengan yang bukan istrinya
  6. Poligami juga digunakan untuk memelihara kehormatan dan memperbanyak keturunan (bagi suami yang punya istri mandul)
  7. Seorang wanita yang mengalami sakit, haid dan nifas sehingga tak dapat melayani suami. Padahal suami selalu siap untuk melakukan hubungan suami-istri sehingga jika ada istri-istri yang lain tentu sang suami akan tetap bisa mencurahkan hasratnya tanpa harus berzina dengan yang bukan makhromnya.
  8. Untuk memenuhi kebutuhan biologis pria, karena takut terjerumus kedalam dosa besar saat bepergian (mengingat pria memiliki nafsu seksual yang besar dibanding wanita).
  9. Poligami menjadi lambang kejayaan, dimana pria yang berpoligami dianggap mampu secara lahir, batin, finansial dan secara psikologis untuk memimpin banyak wanita.
  10. Pria yang berpoligami dianggap sukses sebagai pemimpin keluarga
  11. Pria dengan paham poligami akan memiliki banyak keturunan yang bisa menjunjung derajatnya di masyarakat dengan prestasi yang ditorehkan sang anak.
  12. Para istri bisa bergantian mengurus anak dan suami sehingga tugas sang istri lebih ringan, suami pun dapat hidup sejahtera

 

Itulah poligami menurut Islam, betapa indahnya hikmah yang ada di balik pernikahan poligami. Semoga kita termasuk orang yang tidak menentang adanya hukum Allah. SEMOGA BERMANFAAT, BARAKALLAH